IISM Goes to Campus: Mengenal Lebih Dalam Tentang Sumber Daya dan Tata Kelola Lingkungan

Direktur IISM, Rezki Syahrir didampingi Dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Makassar, Hardianto Hawing, S.T., M.A memberikan materi kuliah tamu

Jumat Siang, 29 Desember 2017 selepas jam makan siang tepatnya pukul 14.00 WIB, sejumlah mahasiswa dan mahasiwi memadati Gedung Iqra lantai 5 ruang sidang Fisif Universitas Muhammadiyah Makassar di Jln. Sultan Alaudiin, Makassar. Antusiasme mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar ini didasari oleh rasa keingintahuan yang mendalam tentang tema kuliah tamu saat itu, yaitu tata kelola lingkungan. Suasana yang berbeda dirasakan oleh 64 mahasiwa ketika Direktur Indonesian Institute for Sustainable Mining (IISM), Rezki Syahrir, ST, S.IP, MBA, M.Si, dalam kesempatan itu menjadi pembicara materi kuliah dan membagikan ilmu serta pengalamannya di bidang sumber daya dan tata kelola lingkungan. Beliau dikenal sebagai seorang ahli dalam bidang sumber daya khususnya pertambangan dan telah melakukan banyak riset tentang sumber daya dan pengelolaan lingkungannya.

Kuliah tamu yang berdurasi 90 menit itu diisi dengan bahasan-bahasan tentang manajemen lingkungan, kondisi lingkungan nasional saat ini, serta hubungan masyarakat, korporasi dan pemerintah dalam pengelolaan lingkungan. Tujuan dari kuliah ini adalah untuk memberikan pendalaman serta pemahaman kepada mahasiwa tentang bagaimana mengelola lingkungan dan kondisi pengelolaan lingkungan dalam perspektif teori serta hubungannya dengan realita pengelolaan lingkungan baik internasional maupun nasional. Harapannya adalah agar generasi muda di masa mendatang sebagai pengelola sumber daya juga memahami pentingnya mengelola lingkungan sehingga keberlanjutan ekonomi dari pengelolaan sumber daya dapat memberikan lebih banyak manfaat serta pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat.

Bahasan Kuliah Tamu ini sangat diapresiasi oleh Dekan Fakultas Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr. Ihyani. Hadirnya Rezki Syahrir, direktur IISM sebagai seorang praktisi sekaligus ahli di bidangnya dalam mengisi kuliah dirasa dapat memberikan pemahaman lebih dalam serta motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar. Hamzah, seorang mahasiswa Ilmu Pemerintah yang hadir dalam kuliah tersebut juga merasakan motivasi dan solusi-solusi persoalan yang disampaikan sehingga memberikan semangat bagi mahasiswa dan ketertarikannya dalam bidang sumber daya dan tata kelola lingkungan.

Ditulis oleh Fitria Yuniarti

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *