Improvement and Optimization of the Anaerobic Processes of the ‘SANIMAS’ Wastewater Treatment Plant in Gunung Kidul Regency, Indonesia

Improvement and optimization of the anaerobic processes of the ‘SANIMAS’ wastewater treatment plant in Gunung Kidul Regency, Indonesia. Tujuan:  Umum adalah mendorong pengembangan sumber daya manusia melalui penelitian untuk memecahkan masalah air dan/atau lingkungan di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, Vietnam dan Thailand.

Khusus adalah meningkatkan kapasitas organisasi berbasis masyarakat di Desa Piyaman, Kabupaten Gunung Kidul dalam mengoperasikan dan memelihara fasilitas air limbah mereka dengan baik.

Duration: 2017
Lokasi: Ngerboh, Desa Piyaman, Kabupaten Gunung Kidul Gambaran Umum: Penelitian ini dilakukan di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Ngerboh, Desa Piyaman, Kabupaten Gunung Kidul. Terdapat 73 rumah tangga (sekitar 365 jiwa) yang air hitam dan abu-abunya terhubung dengan IPAL.

Tahapan penelitian yang dilakukan dengan menyurvei perilaku masyarakat terkait produk yang digunakan yang dapat
mempengaruhi proses anaerobik, pengujian sistem perpipaan air limbah, pengambilan sampel air ledeng dan air limbah, serta desain perhitungan ulang kinerja IPAL.