Dr. Jannus T.H. Siahaan M.Si

Peneliti bidang mitigasi sosial dan resolusi konflik

Sebelum menjadi peneliti senior di IISM, Dr. Jannus T. H. Siahaan M.Si, berkarir sebagai professional di perusahaan pertambangan multinasional selama lebih dari 20 tahun. Jannus pernah berkarir di Inco Tbk, KPC (under Rio Tinto), dan JResources Asia Pacific Tbk. Di dalam industri mineral, Jannus khususnya menangani tentang corporate communications, risk management, asset protection, security, negosiator terkait perizinan, community relations dan corporate social responsibility.

Jannus menyelesaikan S3 Sosiologi pada tahun 2012 di Universitas Padjajaran dengan spesialisasi konflik dan integrasi sosial budaya antara korporasi pertambangan dengan masyarakat lokal. Dia menempuh pendidikan S2 Komunikasi Politik di Universitas Indonesia di tahun 2007.

Jannus pernah menjalani fellowship di USA, Middle East, Hongkong, Selandia Baru, Perancis dan Jerman. Jannus juga pernah bekerja sebagai wartawan televisi berita Liputan6 SCTV, Pemimpin Redaksi TV Manado, Produser Radio Trijaya FM, wartawan koran Prioritas dan Harian Media Indonesia termasuk menjadi Kepala Biro Harian Media Indonesia untuk wilayah peliputan Australia, Selandia Baru, dan negara kepulauan Pasifik Selatan (Fiji,Samoa, Tonga, Vanuatu dll). Jannus menetap di Pasifik Selatan selama hampir 5 tahun berbasis di Auckland, Selandia Baru. Selain sebagai trainer komunikasi dan security bersertifikat, Jannus juga dikenal sebagai penulis buku dan penulis kolom opini di berbagai media cetak dan online bereputasi nasional seperti Kompas, Tempo, Kontan, Media Indonesia, Bisnis Indonesia, dll.