Indonesian Institute for Sustainable Mining (IISM) adalah organisasi non-pemerintah (Non-Governmental Organization/NGO) yang bergerak di bidang pengembangan dan penerapan prinsip-prinsip berkelanjutan dalam industri ekstraktif. Perhatian IISM terutama berfokus pada tantangan perlindungan lingkungan dan perubahan iklim, penerimaan sosial, operasi industri yang memberikan manfaat ekonomi jangka panjang serta upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) lainnya.

IISM berpartisipasi dalam upaya melindungi, memulihkan dan mempromosikan pemanfaatan berkelanjutan dari ekosistem darat, melestarikan hutan, dan menghentikan maupun membalikkan degradasi lahan serta mencegah punahnya keanekaragaman hayati.


Tujuan utama IISM adalah untuk membantu peningkatan kontribusi sektor industri ekstraktif terhadap perkembangan sosio-ekonomi-lingkungan di semua level. Sebagai lembaga nonpemerintah, IISM mengusung konsep kemitraan yang setara antara pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan bersama melalui kegiatan-kegiatan berupa kerjasama penelitian, berbagi informasi, pembangunan kapasitas, dan pelaksanaan proyek

VISI

Kami ingin menjadi organisasi yang berperan utama dalam mengembangkan pengetahuan dan penerapan praktek-praktek berkelanjutan di sektor industri ekstraktif.

MISI

Indonesian Initiative for Ssustainable Mining adalah organisasi independen dengan misi untuk melakukan peningkatan pemahaman serta mendorong penerapan praktek-praktek industri ekstraktif yang menguntungkan secara finansial, beroperasi secara ramah lingkungan, serta bertanggung jawab secara sosial.