Tinjau Lapangan dan Koordinasi Unit KKN-PPM UGM dan Pemerintah Kabupaten Lingga; Pemberdayaan Masyarakat dalam Integrasi Peternakan-Pertanian untuk Peningkatan Kesejahteraan Rakyat

Tim unit KKN-PPM UGM lokasi Desa Marok Kecil Kabupaten Lingga

Adanya kebutuhan masyarakat Singkep, Kabupaten Lingga untuk tumbuh secara berkelanjutan dan melepaskan ketergantungan eksploitasi pertambangan timah di masa lalu, salah satunya adalah dengan mengembangkan sektor-sektor lain yang sifatnya terbarukan seperti integrasi peternakan dan pertanian. Upaya melepaskan pengembangan sektor tersebut perlu dukungan pemangku kepentingan yang lebih luas, maka dari itu, dengan difasilitasi oleh IISM, UGM merespon kebutuhan tersebut dengan menerjunkan mahasiswanya melalui program kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM) yang dilakukan setiap tahun. Sebagai Universitas Kerakyatan, penting pula bagi UGM untuk melaksanakan dharma pengabdian, salah satunya melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM) tersebut. Tujuan pengabdian ini adalah untuk melaksanakan kegiatan yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. Oleh karena itu kegiatan ini pun dirasa mampu menjawab kebutuhan masyarakat Singkep dalam upaya pengembangan masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan.

Koordinasi tim unit KKN-PPM UGM Lingga dengan Bupati Lingga dan staff-staff dinas terkait.

Berangkat dari hal tersebut, maka pada periode Juni-Agustus tahun 2018 ini, salah satu unit KKN-PPM yang dibimbing langsung oleh Dosen Fakultas Peternakan, Nafiatul Umami, S.Pt., M.P., Ph.D akan melaksanakan kegiatannya di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. IISM, yang sebelumnya telah menjadi fasilitator hubungan kerjasama antara Fakultas Peternakan UGM dengan Pemerintah Kabupaten Lingga melalui nota kesepahaman tanggal 10 Desember 2017 pun ikut mendampingi persiapan unit KKN ini serta membangun koordinasi dengan pemerintah setempat. Koordinasi langsung kegiatan KKN-PPM dengan pemerintah kabupaten Lingga dilakukan di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga pada hari senin, 28 Mei 2018. Tindak lanjut dari koordinasi tersebut kemudian dilakukan di Kantor Bupati Lingga yang disambut dengan baik oleh Bupati Lingga, H. Alias Wello, S.IP. beserta staff-staff terkait. Bupati yang telah menjabat selama 2 tahun ini pun menyatakan dukungan penuh koordinasi dan kegiatan lapangan KKN Lingga karena program ini sangat membantu pemerintah untuk mengidentifikasi potensi-potensi daerah serta memberdayakan masyarakatnya. Selain itu, pemerintah kabupaten Lingga juga sangat terbuka untuk dapat ikut serta dalam memberikan pengalaman pembelajaran dan pengabdian bagi mahasiswa dan mahasiswi UGM. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan pemerintah kabupaten Lingga adalah dengan memberikan kemudahan sarana transportasi unit KKN -PPM menuju desa tempat KKN-PPM dilaksanakan.

Tinjau Lapangan Tim Unit KKN-PPM UGM bersama dengan Kepala Desa Marok Kecil, Bapak Rusti.

Selasa, 29 Mei 2018, perwakilan mahasiswa unit KKN PPM UGM Lingga melakukan kunjungan lapangan didampingi Probo Radityo dan Fitria Yuniarti dari IISM, Bapak Ben Agusmar dari dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Lingga dan beberapa staff. Perjalanan dari pusat kota Dabo menuju ke Desa Marok Kecil memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan menggunakan mobil. Sesampainya di desa tujuan, Anugrah Sandi Rizqi yang menjadi perwakilan unit KKN-PPM UGM Lingga melakukan koordinasi informal dengan Kepala Desa Marok Kecil, Bapak Rusti. Setelah melakukan koordinasi, unit KKN-PPM pun melakukan jelajah desa, meninjau lahan-lahan tanaman dan pangan serta mengumpulkan informasi-informasi yang dibutuhkan dengan harapan kegiatan KKN-PPM yang akan dilakukan pada akhir Juni sampai awal Agustus nanti dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

Hingga saat ini, unit KKN-PPM UGM di Desa Marok Kecil, Kabupaten Lingga masih membutuhkan dana program dari berbagai sponsor. Dengan adanya dana sponsor, diharapkan program-program pemberdayaan yang dilakukan di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga ini akan memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang. Untuk mendukung program ini, unit KKN-UGM membuka donasi bagi para sponsor yang ingin terlibat dalam pemberdayaan masyarakat dengan menghubungi Aji Maulana selaku ketua dan koordinator unit KKN-PPM melalui email afrizalrizkya@gmail.com.

Dengan adanya program KKN-PPM UGM di Kecamatan Singkep ini, diharapkan diversifikasi ekonomi masyarakat dapat terjadi sehingga masyarakat dapat tumbuh mandiri secara berkelanjutan.

 

Ditulis oleh Fitria Yuniarti

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *